Sunday, October 15, 2023

Berikut Daftar Hewan-Hewan Yang Punya Organ Tubuh yang Letaknya Aneh Sekali

Adaptasi adalah proses yang digunakan organisme untuk beradaptasi dengan habitatnya. Akibat gerak adalah terciptanya makhluk hidup dengan bentuk dan kualitas yang berbeda-beda. Berikut beberapa contoh organisme yang memiliki bentuk tidak biasa karena bagian tubuhnya berada di tempat yang tidak biasa.


Bintang Laut Yang Mempunyai Mulut di Perut


Siapa yang tidak tahu tentang bintang laut? Hewan laut ini mudah dikenali karena penampilannya yang unik. Membentangkan tubuhnya ke segala arah seperti tanda bintang, hewan ini mudah dibedakan dengan hewan lainnya.

Bintang laut biasanya memiliki lima lengan sehingga terlihat seperti bintang. Namun bintang laut sendiri tidak selalu terlihat seperti bintang. Ada pula jenis bintang laut yang lengannya lebih banyak, hingga belasan. Melihat gayanya yang unik, mungkin sebagian dari Anda penasaran. Bagaimana cara makan bintang laut? Pasalnya bintang laut sepertinya tidak punya mulut.

Seperti hewan lainnya, bintang laut mempunyai mulut. Mulut bintang laut berada di bawah tubuhnya. Kita bisa melihatnya bersama jika kita membalikkan tubuh bintang laut tersebut. Meskipun bintang laut tampak seperti hewan yang tidak berbahaya dan tidak berbahaya, bintang laut sebenarnya adalah predator. Bintang laut rela memakan hewan laut apa pun yang ada di permukaan laut, asalkan hewan tersebut tidak lambat dan cukup besar untuk ditelan mulutnya. Karnivora antara lain cangkang, cacing, dan bangkai ikan. Bintang laut makan dengan cara terbang di atas korbannya dan menutupi korbannya dengan mulutnya yang besar dan lentur.

Laba-Laba Yang Mempunya Kaki di Mulut


Laba-laba merupakan hewan yang mudah dilihat di sekitar kita. Faktanya, hewan berkaki banyak ini memiliki kebiasaan membuat sarang menggunakan jaring. Jika suatu area sudah lama tidak dibersihkan, perlu waktu beberapa saat sebelum area tersebut diliput di situs web.

Meski halaman webnya memberikan kesan kotor dan meresahkan, namun laba-laba merupakan hewan yang sangat berguna bagi manusia. Hal ini dikarenakan laba-laba mempunyai kebiasaan memakan serangga berbahaya.

Berbicara tentang serangga, terkadang orang salah mengira laba-laba sebagai serangga karena kemiripannya. Meskipun laba-laba sebenarnya bukanlah serangga. Jika serangga mempunyai enam kaki, maka laba-laba mempunyai delapan kaki. Selain delapan kaki yang digunakan untuk berjalan, laba-laba juga memiliki dua kaki kecil lainnya di dekat mulutnya. Kaki adalah pedipalp. Fungsi pedipalpus adalah untuk menangkap mangsa saat laba-laba meminum air dari tubuhnya.

Pedipalpus juga mempunyai fungsi lain pada laba-laba jantan. Mereka menggunakan pedipalpusnya untuk mengangkut sperma dan memasukkannya ke dalam alat kelamin wanita. Inilah sebabnya mengapa pedipalpus laba-laba jantan lebih besar dibandingkan pedipalpus laba-laba betina.

Jangkrik Yang Mempunya Telinga di Kaki


Bunyi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pekerjaan makhluk hidup, termasuk manusia. Jika tidak ada suara maka lingkungan akan sepi. Bagi manusia dan banyak hewan, suara adalah cara untuk berkomunikasi dan mengenali lingkungan sekitarnya.

Bunyi dihasilkan karena adanya getaran antar partikel. Getaran tersebut dapat dirasakan sebagai suara ketika menjalar ke bagian tubuh. Pada manusia, organ pendengaran terdapat pada telinga dan kepala. Seperti halnya manusia, jangkrik juga mempunyai bagian tubuh. Namun berbeda dengan manusia, jangkrik tidak memiliki bagian tubuh di kepalanya. Bagian pendengaran jangkrik, disebut juga telinga, terletak di pergelangan kaki. Karena ukurannya yang sangat kecil, manusia dapat melihat telinga jangkrik menggunakan kaca pembesar. Belum diketahui mengapa jangkrik mempunyai telinga dan kaki. Yang jelas jangkrik sering menggunakan vokalisasi untuk berkomunikasi. Orang-orang menganggap suara ini sebagai suara teriakan khusus.

Jangkrik dan monyet juga memiliki pendengaran yang lebih baik dibandingkan manusia. Alasannya adalah mereka dapat mendengar suara yang berfrekuensi tinggi maupun rendah. Menurut para ilmuwan, jangkrik memiliki indra pendengaran yang sedemikian rupa sehingga mereka dapat mengetahui bahwa ada hewan musuh (misalnya kelelawar) di dekatnya.

Serangga Yang Mempunya Lubang Pernapasan di Badan


Salah satu ciri kehidupan adalah bernafas. Alasan makhluk perlu bernafas adalah karena mereka membutuhkan oksigen agar sel-sel dalam tubuhnya dapat terus bekerja. Manusia bernapas dengan cara menghirup udara melalui hidung yang mengalir ke paru-paru.

Serangga tidak memiliki paru-paru atau hidung. Lalu bagaimana serangga bernafas jika tidak memiliki kedua bagian tersebut?

Serangga bernapas menggunakan organ yang disebut trakea yang mengalir melalui tubuhnya. Untuk bernafas, serangga menggunakan lubang kecil yang disebut stigma pada tubuhnya.

Beberapa serangga seperti kepik juga dapat menyimpan udara di bawah sayapnya. Dengan cara ini, kepik air tetap bisa bernapas meski berada di dalam air.

Gurita Yang Mempunya Anus di Bawah Mata


Gurita merupakan hewan laut yang terkenal dengan banyak lengan atau tentakelnya. Tentakel gurita panjang, fleksibel dan berisi pengisap di bagian bawah. Karena adanya organ menyusu tersebut, gurita dapat menggunakan tentakelnya untuk menempel dan memanjat.

Sekilas, gurita tampak seperti kepala besar dengan banyak tentakel. Yang tampak seperti kepala sebenarnya adalah tubuh gurita. Kepala gurita terletak di antara tubuh dan tentakel gurita. Gurita merupakan hewan karnivora yang makanannya terdiri dari kepiting, tiram, dan krustasea. Gurita makan dengan menggunakan tentakelnya untuk membungkus mangsanya dan meminum cairan mangsanya. Dengan cara ini, gurita bisa memakan daging apa pun meskipun kulitnya keras.

Jika gurita sudah memakan dan mencerna dagingnya, maka sisa makanan yang belum tercerna akan dibuang bersama fesesnya. Jadi bagaimana cara gurita bercukur untuk membuang racunnya?

Gurita juga mencium bau dari mulut di bawah matanya. Energi tersebut terkandung dalam siphon, bagian tubuh gurita yang berbentuk pipa pendek.

Selain membuang kotoran, gurita juga menggunakan siphonnya untuk menyemprotkan tinta dan menyedot air. Karena siphon memiliki bentuk yang fleksibel, gurita dapat mengarahkan siphon ke arah yang benar agar tidak bocor.



No comments:

Post a Comment

dfdsfdsgds